15-ide-bisnis-ramadhan

15 Ide Bisnis Ramadhan Menarik

 

15-ide-bisnis-ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia.

Karena di bulan tersebut banyak hal yang bisa menjadi pahala yang jumlahnya berkali-kali lipat dibandingkan dengan di bulan lainnya.

Di Indonesia sendiri yang kebetulan juga sebagai negara yang kebetulan juga merupakan mayoritas muslim juga menunggu saat-saat ramadhan.

Karena banyak dagangan yang dijajakan dengan harga yang relatif menggiurkan.

Lucunya di Indonesia sendiri menjelang bulan ramadhan malah cenderung lebih boros jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa…

Entah mengapa, aku sendiri juga gak tahu, tapi aku memang merasakannya.

Katanya sih dengan adanya bulan ramadhan ini bisa meningkatkan omset penjualan sampai dengan 300%…

Gila…

Padahal beda dari bulan ramadhan dan bulan biasa hanyalah pada waktu makan yang bergeser saja.

Tapi bisa membuat orang menjadi lebih konsumtif.

Mungkin karena orang-orang membeli barang di saat lapar, sehingga membuat mereka tidak begitu berpikir panjang dan langsung membeli saja…

Mungkin sebenarnya orang-orang sedang lapar mata saja, bukan lapar perut.

Oh iya, banyak yang bilang bahwa dengan menjalankan bisnis ketika ramadhan hanya akan menjalankan bisnis musiman.

Yang di mana jika sudah tidak lagi ramadhan maka tidak akan berjualan lagi.

Namun jangan salah…

Ada beberapa orang yang justru bisa merintis usaha berawal dari bisnis saat ramadhan hingga akhirnya menjadi bisnis yang bisa dijalankan di hari-hari biasa.

Bisnis di saat ramadhan biasanya didominasi oleh usaha kuliner…

Apa aja sih yang dijual?

  • Makanan
  • Minuman
  • Bumbu masak

Tapi yang paling penting dari setiap bisnis kuliner yang dijalankan orang-orang, ada hal yang banyak dicari.

Yaitu makanan yang tidak hanya bergizi, melainkan juga enak.

Percuma dong kalau makanan sudah bergizi, namun rasanya tidak enak.

Apalagi untuk lidah anak kecil yang biasanya masih rewel.

Namun bisnis apa saja sih yang bisa dijalankan pada saat bulan ramadhan?

Nah untuk itu lah aku menuliskan daftar-daftar ini.

Yuk dibaca.

1. Minuman segar

Untuk yang satu ini memang gak butuh modal yang besar biasanya.

Karena biasanya dengan membeli bahan dengan jumlah banyak bisa menekan ongkos produksi.

Mungkin kamu bisa dengan modal 500 ribuan saja.

Kamu bisa buka usaha ini di mana saja, yang penting tempatnya ramai.

Sudah tentu, kamu harus mematok harga yang gak terlalu mahal supaya bisa dijangkau oleh banyak kalangan.

Karena jika kamu hanya menyasar kalangan tertentu saja maka bisnismu tidak bisa laris manis dong.

Jenis minuman apa saja sih yang bisa kamu jual?

  • Es buah
  • Es kelapa
  • Es cendol
  • Es campur
  • Aneka sirup buah
  • Es teh manis
  • Cappuccino cincau

Untuk masalah harga, kamu bisa mematok harga untuk setiap gelas mulai dari 5.000 atau 6.000 rupiah saja.

Itu agar banyak orang yang mau beli daganganmu sehingga apa yang kamu jual bisa habis dalam waktu singkat.

 

2. Takjil

Untuk jualan takjil ini merupakan sesuatu yang pasti bakal laris manis.

Karena biasanya orang-orang juga memerlukan takjil untuk dimakan setelah mereka berpuasa selain minuman segar.

Sudah wajib hukumnya untuk ada takjil di setiap buka puasa.

Takjil ini bisa dijadikan usaha pendamping minuman tadi lo.

Jajan yang bisa dijual adalah sebagai berikut:

  • Jajan pasar
  • Kue basah
  • Terang bulan mini
  • Puding jagung
  • Gorengan

Nah mungkin kamu bisa nih kerjasama dengan masjid supaya bisa mendapatkan pelanggan yang pasti.

Namun biasanya untuk masjid itu butuhnya banyak, ratusan porsi.

Tapi ya bisa juga sih kamu jual seperti biasa aja.

Oh iya, kamu juga perlu tahu nih triknya, mungkin supaya kamu gak terlalu capek juga.

1. Kamu buat takjil sendiri

Ini untuk kamu yang kebetulan punya skill dan ada waktu untuk memasak gorengannya, bisa membuat sendiri takjil yang ingin kamu jual.

Entah untuk kamu jual ke masjid atau pun kamu jual ke orang lain.

Yang penting dagangan habis kan

2. Jual takjil punya orang lain

Mungkin untuk yang satu ini bisa disebut dengan reseller sih.

Karena kita membeli produk punya orang untuk dijual kembali.

Kamu mungkin bisa mematok keuntungan yang tidak terlalu tinggi, mungkin 200 sampai dengan 1000 rupiah saja.

Tapi menurutku 1000 rupiah itu saja sudah keterlaluan mahalnya.

Jadi jangan terlalu banyak ambil untungnya supaya harga jualnya tidak naik terlalu banyak.

3. Buat sendiri dan jual takjil milik orang lain

Ini adalah untuk meningkatkan keuntungan dengan sangat banyak, namun kamu harus mengorbankan banyak juga.

Yaitu dengan membuat sendiri takjil dan menjualkan takjil milik orang lain.

Tapi dengan cara seperti ini bisa meningkatkan kapasitas jualan kamu menjadi lebih banyak lagi.

Oh iya, ini juga berlaku untuk kamu yang ingin menjual minuman segar.

Kamu bisa juga menjualkan minuman segar milik orang lain.

Yang jelas keduanya ada konsekuensinya sih.

Jika kamu buat sendiri, maka kamu harus menyediakan waktu dan tenaga untuk membuat minuman dan makanan.

Namun keuntungan yang bisa kamu dapatkan jelas lebih banyak jika dibandingkan dengan kamu menjualkan makanan atau minuman milik orang lain.

Jika kamu menjualkan makanan atau minuman milik orang lain, maka kamu gak terlalu pegal karena harus membuat makanan dan minuman.

Namun keuntungan yang didapatkan lebih kecil.

 

3. Buah segar dan manis

Buah-buahan juga menjadi incaran orang-orang ketika bulan ramadhan.

Apalagi jika buah-buahan tersebut manis dan segar, pasti bakal banyak yang beli.

Biasanya buah yang bakalan laris adalah buah kurma.

Karena ada anjuran dari nabi untuk makan kurma 3 buah pada saat berbuka puasa.

Ada juga anjuran yang menyarankan untuk berbuka dengan yang manis.

Karena itu lah kurma dan buah yang manis-manis menjadi laku keras pada saat bulan ramadhan.

Ini merupakan kesempatan yang baik untuk kamu jika kamu mau berjualan.

Kamu bisa beli kurma secara kiloan, terus kamu pack dalam ukuran yang lebih kecil, missal 500 gram atau mungkin 1 kg.

Kemasan 1 kg saja kesannya kebanyakan untuk dimakan sendirian.

Namun untuk dimakan bersama keluarga sepertinya itu cukup saja.

Tentu kamu juga bisa menjualnya secara offline maupun online supaya keuntungan yang bisa kamu dapatkan semakin banyak.

 

4. Bumbu masak instan

Jika kamu pintar meracik bumbu dan bisa membuatnya tahan setidaknya tahan selama 2 hari atau bahkan sampai seminggu, sepertinya usaha ini bagus untukmu.

Karena dengan kamu bisa membuat bumbu instan, maka kamu juga bisa membantu orang-orang yang mungkin bangun sahurnya agak telat, sehingga tetap bisa memasak dengan enak dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Tentu sangat berbeda dengan mereka yang tidak menggunakan bumbu instan, mereka pasti akan kebingungan, apalagi dengan kondisi telat bangun untuk memasak sahur.

Nah dengan bumbu buatanmu, maka kamu bisa membantu orang-orang agar tidak terlalu panik ketika telat bangun untuk masak sahur.

Jual saja dengan harga murah, mulai dari 8.000 rupiah sampai mungkin 15.000 rupiah tergantung untuk berapa porsi yang ingin kamu sediakan.

Coba lah racik bumbu untuk setidaknya 4 atau mungkin 5 porsi saja…

Anggap saja satu orang makannya cuma satu porsi saja, tidak lebih.

 

5. Catering untuk buka dan sahur

Ada beberapa orang mungkin tidak sanggup untuk memasak makanan sebelum berbuka dan sahur karena mepetnya waktu yang tersisa.

Mungkin hal ini dialami oleh mereka yang kerja atau mungkin anak kos.

Dengan kamu menyediakan catering untuk mereka, maka mereka tidak akan kebingungan lagi untuk mencari makanan untuk berbuka atau mungkin sahur.

Inti dari usaha ini adalah kamu harus pandai untuk memadukan menu-menu sehingga orang yang menggunakan jasa cateringmu tidak bosan memakannya.

Kamu mungkin juga bisa menyediakan jasa untuk pengiriman ke rumah pelanggan dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Tentu jika memang pelanggan meminta untuk dikirim ke tempat mereka tinggal, berikan tambahan biaya.

Jika memang mereka tidak mau untuk membayar lebih, kamu bisa sarankan mereka untuk mengambil sendiri makanan yang mereka pesan di rumahmu.

Yang jelas masakan yang kamu buat harus lah enak.

Oh iya, kamu juga bisa tawarkan harga yang lebih murah beberapa persen apabila pembeli ingin memesan langsung untuk buka dan sahur daripada mereka yang pesan hanya untuk buka saja atau mungkin sahur saja.

 

6. Ketupat

Untuk bisnis yang satu ini mungkin bakal laku keras pada saat mendekati atau bahkan ketika sudah lebaran.

Kamu bisa menjual ketupat untuk makanan yang disajikan orang-orang.

Kamu juga bisa menawarkan makanan pendamping ketupat…

Jika kamu gak ngerti menu apa yang pas untuk mendampingi ketupat, kamu bisa lihat daftar ini:

  • Opor ayam
  • Rendang
  • Sambal Goreng
  • Dan lain-lain

 

7. Membuat kue lebaran

Jika kamu memiliki keahlian dan mempunyai peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kue-kue lebaran, mungkin usaha yang satu ini merupakan usaha yang pas untuk kamu.

Orang-orang biasanya memburu kue lebaran untuk disuguhkan kepada tamu yang dating berkunjung.

Namun biasanya jika kuenya masih sisa, tentunya akan dimakan sendiri kuenya.

Padahal sebenarnya kue lebaran itu tidak hanya dibutuhkan pada saat lebaran.

Terkadang orang yang sedang berpuasa saja suka ngemil kue lebaran untuk bahan takjil mereka.

Eh, tapi ada kabar baik untuk kamu yang gak punya peralatan masaknya apalagi keahlian memasaknya…

Karena kamu tetap bisa menjual kue lebaran dengan sedikit modal atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Ya intinya sih kamu menjualkan produk milik orang lain, dengan harga yang tentu sudah dinaikan untuk menjadi margin keuntungan kamu sendiri.

Untuk mengetahui perbedaan antara dropship dan reseller, silahkan baca perbedaan dropship dan reseller.

 

8. Busana muslim

Menjelang akhir ramadhan, biasanya orang-orang berbondong-bondong untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain menjadi pribadi yang jauh lebih baik, mereka juga ingin bisa berpenampilan lebih baik juga.

Nah menjual busana muslim untuk keperluan lebaran juga merupakan ide yang gak buruk juga.

Biasanya orang yang cenderung ingin untuk membeli baju baru adalah cewek.

Lagipula biasanya untuk baju cewek jauh lebih beragam daripada baju cowok…

Mungkin ini juga sinyal bahwa kamu sebaiknya memperhatikan pasar ini…

“Pasar cewek.”

Untuk menjalankan bisnis ini, ada baiknya kamu hanya menggunakan sistem dropship saja.

Karena keuntungan yang bisa didapatkan lumayan, selain itu, kamu juga gak perlu modal yang banyak, dan yang paling penting, kamu gak takut rugi kalau semisal jualanmu gak laku.

 

9. Perlengkapan ibadah muslim

Pada saat bulan ramadhan, penjualan perlengkapan ibadah muslim naik dengan signifikan.

Perlengkapan muslim yang dicari adalah sebagai berikut:

  • Sajadah
  • Tasbih
  • Al Quran
  • Baju kokoh
  • Sarung
  • Kopiah
  • Mukena

Barang tersebut dicari karena bisa dipakai sendiri atau mungkin bisa untuk dijadikan hadiah untuk sanak saudara.

Karena sifatnya yang bisa dijadikan sebagai hadiah, maka harus menarik tentunya.

 

10. Parsel lebaran

Parsel lebaran merupakan hal yang dicari oleh orang-orang ketika lebaran, karena parsel ini dikirim untuk teman-teman atau mungkin kolega kerja mereka.

Harganya pun juga bervariasi.

Harga yang bervariasi ini dipengaruhi oleh isi dari parsel tersebut, jika isinya mewah-mewah ya tentu harganya menjadi lebih mahal.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat parsel lebaran.

Namun kamu harus memiliki kreativitas untuk menjalankan bisnis yang satu ini.

Karena kamu harus menyusun beberapa jenis bahan makanan sehingga enak dilihat.

Isi dari parsel tersebut biasanya kue kering dan minuman ringan.

Untuk masalah keuntungan dari bisnis ini tentu sangat besar.

Namun modal yang diperlukan pun juga besar.

 

11. Rental mobil atau motor

Jika kamu merupakan orang yang gak mudik ke kampung halaman, kamu bisa tuh merentalkan kendaraanmu untuk dipakai mudik lebaran oleh orang lain.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan uang yang tidak sedikit.

Karena biasanya harga kendaraan rental juga naik pada saat musim liburan seperti pada saat lebaran.

Namun perlu diingat bahwa kamu harus menyiapkan alat berupa GPS Tracker yang terpasang di kendaraanmu agar kamu bisa terus melacak keberadaan kendaraanmu.

Karena bukan tidak mungkin orang yang meminjam mobilmu punya niatan gak baik.

 

12. Usaha laundry

Biasanya pada saat musim lebaran ini banyak keluarga yang ditinggal mudik oleh para pembantunya.

Mereka juga kebetulan malas untuk mencuci pakaiannya sendiri, mereka bisa menggunakan jasa laundry.

Biasanya tuh yang tinggal di perumahan yang ditinggal oleh pembantunya.
Sehingga ini merupakan kesempatan yang bagus untuk meraup untuk yang banyak.

Barangkali juga usaha ini juga bisa menjadi sumber penghasilanmu di luar bulan ramadhan.

Kamu tidak perlu menggunakan banyak mesin cuci terlebih dahulu untuk mencuci barang-barang pelangganmu.

Cukup mesin cuci yang ada di rumahmu dulu aja yang dipakai.

Nanti kalau sudah untung banyak baru dan kamu ingin melanjutkan usahamu ini di luar bulan ramadhan, mungkin kamu bisa memikirkan untuk menambah mesin cuci.

 

13. Pengiriman barang

Jasa pengiriman barang memang menjadi hits seiring dengan semakin menjamurnya toko online.

Banyak orang yang menjadi terbantu dengan adanya jasa pengiriman barang ini.

Dengan harga kiriman per kilogram yang murah, membuat usaha ini semakin diminati

Biasanya pengiriman barang itu bakal ramai pada saat menjelang lebaran.

Tentu ini merupakan kesempatan yang baik untuk ikut mendapatkan keuntungan yang banyak.

 

14. Penitipan kendaraan

Usaha penitipan kendaraan merupakan usaha lainnya yang bakalan mendapatkan keuntungan yang besar.

Apalagi jika kamu berada di perumahan yang di mana banyak yang memiliki mobil dan kamu kebetulan punya lahan luas di dekat situ.

Biasanya orang-orang yang menggunakan jasa ini merupakan orang-orang yang tidak punya parker di rumahnya atau mungkin juga mereka ingin mudik, namun malas membawa kendaraan pribadi mereka.

Modal yang dibutuhkan sayangnya gak sedikit juga.

Kamu harus punya lahan yang luas, dan kanopi untuk menjaga agar mobil pelanggan kamu gak kehujanan atau mungkin kepanasan.

Memang usaha ini membutuhkan biaya yang gak sedikit, namun apabila sudah berjalan, maka penghasilannya gak sedikit juga, ini juga ditambah dengan biaya operasinya yang cenderung murah.

Hal ini dikarenakan kamu cuma perlu mengeluarkan uang untuk membayar penjaga dan listrik yang di mana hanya untuk menghidupi lampu dan sistem keamanan CCTV.

 

15. Cuci kendaraan

Biasanya setelah mudik itu kendaraan akan menjadi kucel dan kotor, maka sebab itu perlu untuk dicuci agar bisa kembali bersih.

Namun untuk jasa cuci kendaraan ini kamu perlu modal yang lumayan untuk shampoo kendaraannya.

Mungkin kamu juga perlu untuk menyewa tempat dan membeli beberapa peralatan untuk menjalankan bisnismu yang satu ini.

Untuk bisa memaksimalkan pendapatan, kamu bisa juga tuh menaruh promo khusus lebaran, sehingga orang-orang makin tertarik untuk datang ke tempat pencucian kendaraanmu.

Diskon mungkin antara 10-30% saja sepertinya sudah cukup untuk menarik minat pelanggan.

Nah itu tadi merupakan jenis-jenis usaha yang bisa dilakukan di waktu ramadhan, mungkin bisa dibilang sampai lebaran juga.

Semoga bisa membantu kamu yang sedang bingung mencari penghasilan tambahan.

Mungkin untuk usaha yang kategorinya “jualan” seperti makanan dan minuman bisa kamu lakukan dengan segera.

Namun untuk usaha-usaha lainnya berhubung memerlukan dana yang gak sedikit, mungkin ada baiknya gak kamu lakuin terlebih dahulu.

Segitu dulu aja untuk artikel kali ini.

Semoga kamu bisa mendapatkan ide yang pas untuk menjalankan bisnis ini, dan semoga juga bisnis yang kamu jalankan hanya dari sekedar iseng di bulan ramadhan bisa menjadi usaha yang menjadi penghasilan utamamu.

Jika kamu ada uneg-uneg yang ingin disampaikan, kamu bisa tuliskan itu di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar