Hal yang Perlu Diingat dalam PDKT

hal yang perlu diingat dalam pdkt

Orang-orang kebanyakan ketika sedang melakukan pendekatan atau biasa disingkat menjadi PDKT biasanya cuma asal mendekat aja, tanpa memperhatikan hal-hal yang bisa dibilang itu merupakan hal penting.

Hal yang di mana gak boleh sama sekali untuk dilupakan dalam PDKT.

Nah di artikel kali ini aku ingin memberitahu apa aja sih yang gak boleh dilupakan dalam hal melakukan PDKT supaya kamu sendiri bisa menjadi orang yang jauh lebih baik dalam melakukan PDKT.

Hal yang perlu diingat dalam PDKT

Nah, di artikel ini, aku pengen berbagi ke kamu tentang apa aja yang harus dingat dalam melakukan PDKT.

1. Kenali kriteria pasangan yang kamu cari

Yang perlu diingat pertama kali dalam melakukan PDKT ini adalah kamu harus mengenali kriteria calon pasangan yang kamu cari.

Untuk mendapatkan pasangan yang ideal, kamu seenggaknya perlu tahu dulu kriteria apa yang kamu inginkan dari seorang pacar.

Karena kriteria ini penting agar kamu gak sembarangan dalam memilih pasangan.

Tentunya juga kriteria yang kamu inginkan itu masih masuk akal, karena kalau gak masuk akal dalam memberikan kriteria nantinya akan berujung dengan kamu gak dapet pacar juga.

Misal kriteria yang gak masuk akal adalah kamu ingin perempuan yang cantik, putih, wangi…

Tapi kamunya sendiri gak mau merawat diri sehingga kamu menjadi dekil, jelek, dan bau.

Kalau kamu jelek mungkin masih bisa dimaklumi, namun kalau dekil apalagi bau siapa juga cewek yang mau dekat dengan kamu?

Tentu aja gak ada, walaupun kamu aslinya emang enak sekali buat diajak ngobrol, ngobrol apapun asik, tapi kalau kamu dekil dan bau, bakalan sedikit orang yang pengen dekat-dekat sama kamu, mau dekat aja males, apalagi mau ngobrol…

2. Gali sifat dan kepribadian gebetan

Setelah memiliki beberapa gebetan, 5 misalnya…

Sudah waktunya untuk mulai memilih orang yang mendekati kriteria yang kamu inginkan.

Jangan justru buang-buang waktu dengan orang yang jelas-jelas gak masuk kriteriamu.

Galilah sifat dan kepribadian dari mereka yang menjadi gebetanmu itu untuk mencari tahu siapa yang kira-kira bagus dan cocok dengan kamu.

Dalam proses ini kamu perlu untuk bisa menjadi fleksibel dengan ekspektasimu.

Karena gimanapun juga gak ada orang yang sempurna di dunia ini, termasuk juga dengan dirimu.

Oh iya, ada baiknya kamu juga jangan berekspektasi yang terlalu berlebihan, karena ekspektasi yang berlebihan itu yang nantinya akan membuat dirimu merasakan sakit kalau misal nanti kamu dan pilihanmu gak bisa bersama.

Cukup berekspektasi “coba nyatakan perasaanku ke dia, dia mau apa nggak ya urusan belakang, yang penting udah nyatain perasaan ke dia”

Udah, gak lebih dari itu ekspektasinya, yang jelas ekspektasinya gak boleh terlalu jauh dan berlebihan.

3. Percaya diri

Proses PDKT sendiri sebenarnya melelahkan, apalagi kalau PDKT-nya ke multigebetan.

Kalau total gebetannya cuma 2 aja, mungkin gak akan begitu ribet, kalau misal gebetannya 5 mungkin atur waktunya akan membutuhkan trik untuk bisa menjalaninya dengan halus.

Meskipun proses PDKT-nya melelahkan, namun usahakan untuk selalu tampil percaya diri…

Jangan posting story atau mungkin status yang isinya tentang kegalauanmu.

Justru kamu harus menggunakan social mediamu untuk menonjolkan sisi positif dan kualitas kepribadian yang kamu miliki.

Sehingga nanti waktu gebetan ngecek media sosialmu dia gak akan menemukan orang yang menderita dan diselamatkan hidupnya.

Karena kalau gebetan sudah mengira bahwa kamu itu merupakan orang galau yang perlu diselamatkan hidupnya, maka gebetan kamu itu akan merasa gak nyaman, bukan gak mungkin juga dia akan menjauh dari kamu karena kamu merupakan orang yang selalu galau.

4. Terbuka pada segala kemungkinan

Walaupun kamu sudah punya kriteria pasangan yang ideal itu seperti apa, namun kamu gak boleh terlalu memegang teguh kriteriamu itu.

Selalu ada kemungkinan bahwa orang yang menjadi jodohmu justru malah seseorang yang sama sekali di gak masuk dengan kriteria yang kamu tetapkan.

Memang cinta itu merupakan sebuah misteri yang sulit untuk dipecahkan.

Kamu sendiri malah justru klik dengan orang yang jauh dari kriteria yang kamu tetapkan.

Nah dalam kondisi yang seperti itu, kamu harus tetap berpikiran terbuka, dengarkan suara hatimu dan ikutlah dengan nalurimu.

Meski dia gak masuk ke dalam kriteriamu, namun kamu bahagia dengan berada di sampingnya, kenapa gak lanjutin aja hubungannya?

5. Peka terhadap respon gebetan

Masa PDKT sendiri itu harus berjalan dua arah.

Jangan kamunya yang berusaha mati-matian, sementara si dia sendiri malah justru santai-santai aja.

Jangan begitu.

Beri ruang untuk gebetanmu untuk merespon semua investasi perasaan, waktu, pikiran, dan perhatian yang sudah kamu berikan ke dia.

Kalau misal dia terlihat kurang antusias, seperti gak bisa merespon investasi yang sudah kamu berikan dengan baik, mungkin ada baiknya kamu perlu tahu kapan waktunya untuk mundur dan mencari gebetan lainnya yang mungkin jauh lebih baik.

6. Jangan pernah ngejar gebetan

Kamu perlu ingat bahwa tujuan kamu PDKT itu untuk menunjukkan bahwa kamu sangat tertarik dengan dirinya.

Jika kamu sendiri tertarik dengan seseorang sehingga ingin selalu berdekatan dengannya, dia harus dibuat tertarik sehingga ingin berdekatan dengamu juga.

Jika kamu sendiri “maju” dalam hubungan tersebut, dia juga harus “maju” juga sehingga nanti bisa “bertemu” di tengah-tengah.

Karena jika hanya salah satu yang maju, itu namanya ngejar-ngejar.

Kalau misal yang ngejar ini kamu, maka kamu sendiri akan berinvestasi berlebihan kepadanya, sementara gebetanmu sendiri mungkin gak investasi sama sekali kepada hubungan kamu.

Dengan investasi yang berlebihan ini, bukan gak mungkin bahwa kamu akan menjadi ngarep kepadanya dan menjadi budak cinta atau yang biasa disingkat dengan bucin, sehingga nanti ketika kamu ditolak atau bahkan ditinggalkan, kamu akan merasakan sakit.

Karena dalam hubungan itu gak boleh ada yang namanya perbudakan, karena itu nantinya akan membuat hubungan menjadi gak sehat.

Biasanya juga dengan sikap ingin menunjukkan bahwa kamu sangat tertarik dengannya kemudian memuja-muja dia, kemudian mengejar-ngejar dengan segala cara, ini akan menurunkan nilai kepantasan kamu di mata gebetan.

Jangankan untuk berpikir soal nilai kamu, melihat kamu yang kalang-kabut mengejar dia aja udah bikin dia kehilangan selera dengan kamu…

Kemudian yang terjadi berikutnya apa? Dia akan lari kalang-kabut menjauh dari kamu.

7. Jangan memberikan fasilitas pacaran

Oke ini akan menjadi hal terakhir yang perlu diingat dalam PDKT.

Kamu jangan memberikan fasilitas pacaran ketika PDKT…

Kamu jangan memberikan kenyamanan ketika PDKT.

Karena biasanya ketika orang sudah terlanjur nyaman, maka orang tersebut akan menjadi berpikir berkali-kali untuk menjalani hubungan yang jauh lebih serius dari sekedar menjadi gebetan.

Biasanya kalau sudah terlanjur nyaman akan menjadi malas untuk menjalani hubungan pacaran.

Karena gak perlu pacaran aja udah mendapatkan fasilitas pacaran, jadi kenapa harus pacaran?

Kenapa harus komitmen ketika gak komitmen aja sudah dapat fasilitas tersebut?

Oh iya, mungkin kamu bingung apa aja sih contoh fasilitas pacaran itu, aku bisa beri contohnya kok, contohnya ada di bawah ini:

  • Menjadi dukun curhat
  • Mendengarkan
  • Membantunya dalam melakukan sesuatu
  • Menemaninya dalam melakukan sesuatu
  • Memberi perhatian
  • Memberi kenyamanan

Semua itu merupakan fasilitas pacaran yang secara gak sadar diberikan orang-orang ketika sedang melakukan PDKT.

Ya emang ada sih orang yang berhasil mendapatkan pacar ketika mereka memberikan fasilitas pacaran, namun juga gak sedikit orang yang justru gagal mendapatkan pacar karena mereka sudah memberikan fasilitas itu.

Gagalnya itu biasanya gebetan menjadi nyaman menjadi temen kamu, atau mungkin juga dia udah nganggep kamu sebagai kakak atau mungkin adik semata…

Istilah seperti friendzone atau mungkin kakak-adik-zone mungkin menjadi hal yang lumrah ketika kamu memberikan kenyamanan ketika kamu PDKT.

Ketika kondisinya seperti ini, memang perlu kekuatan lebih untuk bisa pergi, apalagi kamu pasti udah ngarepnya luar biasa, karena kamu memberikan investasi yang banyak sekali.

Bonus tips

Ternyata poin nomor 7 tadi gak jadi poin terakhir dalam artikel kali ini, aku baru teringat satu tips lagi yang mungkin akan sangat berguna sekali untuk kamu ketika PDKT.

8. Jangan terlalu lama PDKT

Ini sebenarnya kesalahan yang suka dilakukan oleh orang-orang, termasuk aku sendiri juga pernah mengalami hal yang seperti ini.

Dalam PDKT sendiri sebenarnya gak perlu lama-lama sebenarnya.

Cukup 2 bulan aja PDKT-nya.

Karena kalau terlalu lama PDKT-nya nanti kamu akan menjadi ngarep sama dia dan akhirnya kamu akan berusaha untuk membuatnya menjadi nyaman.

Tentu nantinya friendzone pun akan terjadi.

9. Multigebetan

Kalau untuk yang satu ini aku belum pernah mencobanya, namun menurut Kelas Cinta, ini merupakan solusi terbaik yang di mana bisa menghemat waktu kamu dalam mencari gebetan.

Karena dengan cara multigebetan ini kamu bisa kenalan dengan banyak cewek dalam waktu yang bersamaan, sehingga kalau misalnya gagal dalam mendapatkan pasangan, masih ada cadangannya.

Teknik ini sebenarnya biasa dilakukan oleh cewek secara gak langsung…

Karena cewek biasanya dikejar oleh banyak cowok, sehingga mereka bisa memilih siapa yang bagus di antara semua yang mendekatinya.

Cowok pun ternyata bisa melakukan hal yang serupa sehingga cowok bisa mendapatkan banyak pilihan.

Memang akan terdengar seperti fuckboy, namun ya dengan mendapatkan banyak gebetan sekaligus, kamu bisa menghemat waktu dan bisa kenalan dengan banyak lawan jenis di waktu yang lebih singkat.

Dengan melakukan multigebetan ini kabarnya akan membuat kamu menjadi gak begitu ngarep dengan lawan jenis, karena harus membagi waktu untuk mendekati banyak cewek sekaligus.

Bukan hal yang gak mungkin bahwa kamu bisa mengenal 20 cewek dalam setahun sehingga kamu sendiri bisa mendapatkan kenalan yang cukup banyak…

Dan rasanya kemungkinan bahwa kamu gak bisa dapetin cewek itu menjadi lebih kecil lagi karena kamu sendiri punya gebetan yang cukup banyak, pasti ada lah satu diantara mereka yang mau untuk menjadi pacar kamu.

Kesimpulan

PDKT sendiri merupakan sesuatu yang gak mudah, karena dari PDKT itu kita gak bisa memilih pasangan yang terbaik.

Dengan PDKT kita hanya bisa memilih siapa yang bagus, bukan yang terbaik.

Karena proses mengenal pasangan lebih jauh itu ketika kamu sudah menjalani hubungan pacaran.

Mungkin cukup sekian untuk artikel hal yang perlu diingat dalam PDKT ini…

Semoga kamu bisa mengerti isi dari artikel ini dan kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari artikel ini.

Jika kamu ada pertanyaan atau mungkin uneg-uneg yang perlu disampaikan, bisa kamu ceritakan di kolom komentar.

Terima kasih sudah mau baca artikel ini.

Tinggalkan komentar