Ketika Chatmu Diabaikan

Memiliki pasangan adalah impian dari setiap orang…

Sedikit sekali orang yang ingin hidup sendirian tanpa pasangan, terlepas dari apa yang telah menimpanya di masa lalu.

Namun ada orang-orang yang sedang mencari pasangan dan sudah menemukan gebetan, dia sendiri mengalami chat yang diabaikan oleh gebetan.

Chat diabaikan oleh gebetan sendiri memang rasanya sangat tidak nyaman.

Karena kita ingin komunikasi, namun dia sendiri seakan menutup jalur komunikasinya sehingga dia tidak dapat mendapatkan kabar terbaru dari gebetannya.

Nah di artikel kali ini aku ingin membahas beberapa hal tentang chat yang diabaikan ini, sehingga mungkin kamu akan mendapatkan pencerahan dan dapat melakukan hal yang jauh lebih berguna dibandingkan dengan mengecek handphone setiap saat.

Ketika chatmu diabaikan

Sebelum aku menjelaskan semua poin yang akan di artikel ini, aku ingin menjelaskan bahwa artikel ini dibagi ke dalam tiga bab.

Tenang, semuanya babnya ada di artikel ini kok, gak terpisah antara satu dengan lainnya.

Aku ingin menjelaskan apa yang terjadi dengan dirinya kemudian dilanjutkan dengan apa yang harus dilakukan setelah kamu diabaikan olehnya.

Baiklah langsung saja ke dalam pembahasannya.

Apa yang terjadi dengannya

Dalam masalah chat diabaikan ini bisa terjadi kepada siapa saja, gak peduli mau dia cowok ataupun cewek, semuanya sama saja.

Mungkin ada banyak hal yang terjadi sehingga akhirnya dia mengabaikan chat yang sudah kamu kirimkan.

Memang rasanya chat diabaikan itu bikin nyesek.

Akhirnya ada banyak orang yang juga bertanya-tanya mengapa chat mereka gak dibalas.

1.Chatmu tertimbun oleh chat lainnya

Mungkin kamu chat dia di saat yang gak tepat.

Saat di mana mungkin chat yang masuk ke handphonenya dia sedang banyak-banyaknya sehingga chatmu sendiri tertimbun oleh banyak chat lainnya.

Chatnya mungkin bukan hanya dari seseorang saja, melainkan bisa melalui grup kantor atau kelasnya sehingga chatmu sendiri tergerus hingga ke bawah.

Kamu harus sabar menunggu hingga dia akhirnya bisa menemukan pesanmu, itu pun jika dia scrolling semua pesan yang masuk ke dalam handphonenya di saat dia sedang gak sibuk.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan chat lagi di waktu yang berbeda, di waktu senggangnya sehingga pesan yang kamu kirimkan bisa tetap berada di atas.

Namun jika kamu sendiri sudah mencoba mengirimkan pesan sekali lagi namun ternyata dia masih saja mengabaikan chat dari kamu, kemungkinan besar masalahnya bukan yang satu ini.

2. Dia membalas chatmu yang sebelumnya hanya sebagai formalitas

Apakah orang yang kamu incar merupakan orang yang baru saja kamu kenal?

Atau mungkin orang itu merupakan teman lama kamu yang baru saja kamu temui di acara reuni?

Hal ini bisa menjadi alasan mengapa awalnya dia membalas pesan-pesan yang kamu kirim dan berakhir dengan mengabaikan pesan terakhirmu.

Dia membalas pesanmu hanya sebagai formalitas atau sikap sopan saja, karena dia sendiri tak ingin dicap sebagai cewek jahat atau mungkin sombong.

Apabila balasan yang dia kirimkan hanya sebagai formalitas, maka dia akan merasa terganggu jika kamu selalu mengiriminya pesan dan berakhir dengan mengabaikanmu.

3. Dia kehilangan minat atau tidak tertarik

Alasan yang satu ini sering terjadi, dia yang awalnya sering membalas chatmu, bahkan membalasnnya secepat kilat tiba-tiba saja mulai mengabaikan pesanmu dan akhirnya tidak membalas chatmu lagi.

Apalagi jika hal yang kamu tanyakan merupakan itu-itu saja, yang akhirnya membuat dia kehilangan minat dan akhirnya menjauh.

Misal chat yang itu-itu aja itu seperti pertanyaan “lagi apa?” dan “sudah makan?”

Aku sendiri jika terlalu sering diberi pertanyaan “lagi apa?” juga rasanya seperti bingung mau balas apa walaupun aku sendiri ada kegiatan seperti misalnya sedang mencari ide untuk pembuatan artikel berikutnya.

Aku pernah mengalami sendiri sehari dapat 3 kali chat yang isinya “lagi apa?” dari 1 orang yang sama, apalagi aku sadar kalau dia merupakan orang yang sibuk, sementara aku sendiri tak begitu sibuk.

Maksudku adalah dia sendiri balas chatku sendiri aja lama sekali, sampai aku lupa kalo sebelumnya aku mengirimkan sebuah pesan kepadanya.

4. Kamu bukan satu-satunya

Dia mungkin memberikan nomornya kepadamu dan membalas setiap pesanmu…

Namun ini bukan berarti dia tertarik, bisa jadi dia juga sudah memiliki gebetan yang lainnya.

Meskipun dia merupakan cewek satu-satunya yang kamu chat, namun bukan berarti kamu juga merupakan orang satu-satunya yang dia chat.

Sehingga besar kemungkinan bahwa gak cuma kamu aja yang memberikan perhatian kepadanya.

Ini juga berlaku jika kamu merupakan cewek yang sedang mengejar cowok idamanmu…

Mungkin dia merupakan satu-satunya cowok yang kamu chat, namun bukan berarti hanya kamu yang memberikan perhatian kepadanya.

5. Kamu terlalu agresif yang akhirnya malah terlihat menyeramkan

Ini terjadi di cowok biasanya, karena memang di masyarakat kita itu kebanyakan cowok yang mengejar…

Namun bukan berarti cewek gak pernah mengalami hal ini juga ketika sedang mengejar cowok idamannya.

Banyak yang gak menyadari bahwa dia terlalu agresif, mengirimkan pesan pagi, siang, dan malam…

Mengirimkan pesan berkali-kali ketika gebetan gak segera membalas pesannya, bahkan kadang ada yang sampai menelpon karena balasnya terlalu lama.

Sebenarnya dengan menggunakan cara seperti ini pada dasarnya sangat menganggu dan terlihat menyeramkan.

Melakukan hal tersebut akan membuatmu terlihat putus asa, apalagi jika statusmu juga masih bukan siapa-siapanya dia…

Dengan mengirimkan pesan berkali-kali bahkan menelponnya ketika gebetan gak sedang bisa merespon dengan cepat tidak akan membuatnya merasa tersentuh ataupun senang, malah yang ada dia akan merasa terganggu dan ketakutan.

Dengan melakukan hal seperti ini juga menimbulkan potensi bahwa kamu akan diblokir olehnya.

6. Dia berharap kamu peka dan mendapatkan petunjuknya

Kebanyakan cewek menghindari perselisihan, daripada menolak secara langsung, mereka lebih memilih untuk mengabaikan.

Dengan mengabaikanmu, dia berharap kamu bisa peka dan mendapatkan petunjuk bahwa dia gak tertarik denganmu.

Namun kadang ada orang yang bisa langsung melakukan blokir ketika ada chat yang sekiranya membuat dia merasa terganggu.

7. Isi chatmu penuh gombalan, tak sesuai dengan kepribadiannya

Ribet banget ya, mau chat aja harus sesuai dengan kepribadian.

Tapi memang kenyataannya seperti itu…

Saat kamu terlalu banyak mengirim pesan gombalan ke orang yang pendiam atau orang yang gak suka digombalin, ending-nya sudah bisa kelihatan.

Yaitu dibalas dengan tulisan atau emoticon tertawa, tapi lama-kelamaan pasti bakal diabaikan juga.

Kemungkinan lainnya yang terjadi

Oke sekarang kita lanjut ke dalam bab berikutnya.

Di bab ini aku ingin menjelaskan apa yang mungkin terjadi di perasaan gebetanmu

1. Baginya kamu gak berharga

Chatmu kepadanya sudah diabaikan begitu saja, dia mengabaikan chatmu karena baginay kamu gak berharga.

Kalau dia sendiri merasa bahwa kamu merupakan orang yang berharga, sudah tentu dia akan membalas chatmu dan tidak akan pernah mengabaikanmu.

Kamu harus sadar karena chatmu sendiri saja sudah dianggap sebagai chat yang gak penting untuknya, karena itu lah dia tak membalas chat darimu.

Baginya kamu sendiri tak berharga, jadi untuk apa dia capek-capek untuk membalas chat dari kamu?

Lebih baik kan energinya dipakai untuk melakukan hal lainnya yang lebih berguna, misalnya seperti membalas chat dari orang yang dia sukai misalnya…

2. Dia telah menutup pintu hatinya untukmu, berhentilah berharap pada seseorang yang tak menghargaimu

Jika chatmu tidak dibalas, itu artinya hatinya tidak terbuka untukmu.

Jika memang hatinya terbuka untukmu, tentu dia juga akan membalas pesanmu.

Memang ini sangat rancu sekali jika dia sendiri merupakan orang yang sibuk.

Namun ada sedikit perbedaan mendasar apabila dia sendiri ternyata sedang sibuk.

Yaitu dia akan mengabarimu kalau dia sedang sibuk di sela-sela kesibukannya dan memberitahu jika dia akan membalas pesanmu nanti ketika dia sudah tidak sibuk lagi.

Namun ada baiknya untuk tidak chat dia di saat dia sedang sibuk sih.

Karena jatuhnya akan sangat mengganggu jika kamu mengirimkan pesan di jam sibuknya dia.

3. Dia menyuruhmu pergi tanpa mengatakan secara terang-terangan

Jika dia memang menyukaimu maka akan mustahil bagi dia untuk mengabaikan chat dari kamu.

Bahkan kamu sendiri yang sudah lebih dulu chat dia dan bela-belain menyapa duluan namun dia malah mengabaikan.

Apalagi yang mau kamu harapkan dari orang yang seperti itu?

Dengan dia mengabaikan chat dari kamu, sebenarnya dia sendiri ingin kamu untuk pergi dari kehidupannya dia tanpa harus mengatakan yang dia inginkan dari kamu.

Dia akan membuatmu menjadi bosan menunggu balasan dari kamu sehingga akhirnya kamu tidak chat dengannya lagi.

4. Dia tidak menyukaimu

Ketika kamu chat duluan, tapi dia membalas dengan singkat dan seperlunya saja, maka bisa jadi dia gak suka dengan dirimu.

Apapun yang kamu yang kamu kirimkan akan dibalas singkat dan seperlunya,mungkin kalau perlu chat yang kamu kirimkan cuma diread saja olehnya.

Dia tidak memiliki ketertarikan terhadapmu, jadi apapun tentangmu dia tidak akan tertarik, bahkan penasaran pun juga nggak.

5. Tak perlu terus memaksa dengan terus chat duluan agar tak kecewa

Jika dia sendiri sudah tidak bisa menghargaimu, maka kamu juga gak perlu memaksa terus dengan cara chat duluan dan terus berusaha untuk mendekatinya.

Karena kecil sekali kemungkinan bahwa dia akan menjadi menyukaimu setelah kamu terus menerus berusaha untuk mendekatinya dengan cara terus mengirimkan chat kepadanya.

Kalau dari awal dia sendiri memang sudah tidak tertarik kepadamu, maka akan sulit sekali untuk membuatnya suka.

Walaupun memang ada istilah “cinta datang karena terbiasa”…

Yang jadi pertanyaan itu kamu mau seberapa lama melakukan itu secara terus menerus dan responnya sendiri dingin kepadamu?

Apa yang harus dilakukan?

Oke ini merupakan bab terakhir dari artikel ini.

Baiklah ini merupakan bagian yang di mana apa yang harus kamu lakukan jika gebetanmu sendiri akhirnya mengabaikan chat yang kamu kirimkan.

1. Berhenti buka tutup handphone

Memang kamu sendiri sedang menunggu balasan chat darinya, namun ada baiknya kamu berhenti untuk buka tutup handphone kamu sambil terus berharap pesan darinya masuk.

Karena itu tak hanya menguras kesabaran, tapi juga memeras fokus pikiranmu.

Sebentar-sebentar kamu melihat layar handphone hanya untuk sekedar memastikan ada chat masuk darinya atau nggak.

Padahal kamu sendiri sedang sibuk mengerjakan deadline atau kegiatan lain yang jauh lebih penting untuk kehidupanmu.

Kadang saking kamu menunggu pesan darinya, begitu ada notifikasi masuk kamu pun berharap jika itu merupakan balasan chat darinya.

Tapi sayang harapan seperti itu harus pupus berkali-kali.

Jadi solusi yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus bisa menahan diri untuk tidak membuka tutup handphonemu atau sekedar melirik ke arahnya.

Biarkan saja handphonemu tergeletak di salah satu sudut meja.

Mungkin kalau perlu kamu juga bisa dengan meletakkannya di tempat yang tak terlihat, seperti misalnya di dalam tasmu atau mungkin di dalam laci mejamu.

Namun memang dengan meletakkan handphonemu di tempat yang tak terlihat, maka ini mungkin juga berpengaruh dengan kecepatan respon kamu ketika ada telpon atau chat penting.

2. Gak berasumsi macam-macam

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan gak berasumsi yang macam-macam.

Karena saat rasa khawatir tiba dan hati rasanya gak bisa diajak bersabar, pikiranmu pasti akan mulai menciptakan asumsi yang aneh-aneh.

Mulai dari

“Jangan-jangan dia marah”

atau

“Dia mungkin sedang bersama lawan jenis yang lainnya”

yang akhirnya membuat kamu sendiri meragukan perasaan sayangnya kepadamu.

Asumsi-asumsi tersebut aslinya bisa gak muncul kalau saja kamu belajar menekankan dengan cukup berpikiran “ah, paling dia lagi main game”, kalau nggak mungkin bisa saja dia sedang sibuk atau sedang beristirahat.

3. Menahan diri untuk tidak mengirim chat lagi, setidaknya sampai 24 jam ke depan atau keesokan harinya

Tentu saja kamu melakukan ini dengan harapan dia akan segera membalas atau menghubungi jika kamu kembali mengirimkan chat lagi.

Tapi sayangnya harapan seperti ini yang akhirnya membuat kamu merasa lebih dongkol pada saat balasan darinya tetap tak datang.

Oleh karena itu, biar tidak kesal sendiri, kamu memang perlu untuk menahan diri untuk tidak terus menghubungi atau mengirimi dia chat sampai paling gak keesokan harinya.

Sikap seperti ini aslinya kelanjutan dari usahamu untuk mengurangi intensitas mengecek handphone tadi.

4. Alihkan perhatianmu dengan menyibukkan diri

Kalaupun misalnya hari ini merupakan hari libur dan gak ada tugas yang harus diselesaikan, kamu harus tetap menyibukkan diri di momen seperti ini.

Jangan sampai kamu cuma duduk merenung dan terus bertanya-tanya, “dia kemana ya? Kok chat dari aku nggak dibalas juga? Dia sedang apa ya? Masa balas chat aja nggak bisa?”

Bukankah pikiran yang seperti itu akan membuatmu menjadi tambah resah sendiri?

Bukankah akan jauh lebih baik jika kamu jalan-jalan bersama teman-temanmu, keluaga, atau mungkin bahkan jalan-jalan sendirian?

Kalaupun memang kamu gak mau mengeluarkan uang, kamu juga bisa mengalihkan perhatianmu dengan tidur atau mungkin baca buku yang kamu sendiri belum juga tamat membacanya di rumah.

Lumayan kan, bisa istirahat, sementara hati dan pikiran bisa tenang dengan sendirinya.

Oh iya, mungkin dengan kamu membaca buku kamu juga bisa mendapatkan sumber hiburan dan mungkin juga pengetahuan baru yang sebelumnya kamu sendiri belum pernah ketahui.

Jika kamu mungkin terlalu malas untuk membaca buku, kamu juga bisa untuk menonton seri Drama Korea yang mungkin masih belum sempat kamu tonton.

Yang jelas gunakan waktumu untuk melakukan kegiatan lainnya supaya kamu gak terpaku dengan handphonemu secara terus menerus.

5. Gak harus curhat sana-sini, apalagi ke teman lawan jenis tentang kebiasaan ini

Ini biasanya menjadi kebiasaan para cewek sih.

Kalau misalnya ada apa-apa dengan cowoknya selalu curhat sana-sini.

Ya walaupun memang ada juga cowok yang curhat sana-sini, namun itu biasanya jarang sekali.

Tapi aku di sini mau menjelaskan cewek yang suka curhat sana-sini aja.

Kalau curhatnya ke sesama teman cewek atau mungkin ke keluarga mungkin gak begitu masalah.

Yang akan menjadi masalah adalah ketika misalnya curhat ke teman cowok, dan ternyata temen cowok yang dicurhatin itu juga ada rasa dengan si cewek itu…

Ini akan menjadi senjata makan tuan dan akan menjadi perusak hubungan…

Karena jika si gebetan ini mengetahui tingkah ceweknya kok seperti itu maka besar kemungkinan akan bertengkar…

Mending kalau bertengkar yang di mana masih menunjukkan kalau dia masih sayang dengan si cewek, kalau misalnya si gebetan ini malah cenderung mengikhlaskan ceweknya, kan hubungan yang sudah dilakukan secara susah payah akan menjadi rusak begitu saja.

Jadi untuk yang satu ini, ada baiknya kamu belajar untuk mengerem hasrat untuk curhat, walaupun memang kamu sendiri pada dasarnya sudah gak kuat lagi menahannya.

6. Bicara langsung baik-baik, biar dia tahu apa yang harus diperbaiki pelan-pelan

Kembali lagi ke adab berkomunikasi yang baik dan dewasa sebagai pasangan…

Kalau kamu merasa gak suka dengan kebiasaan telat membalas chat yang kadang sampai seharian penuh, ya langsung bilang ke orangnya.

Tanya langsung alasan kenapa dia menjadi seperti itu.

Cari juga solusinya, kan siapa tahu dia mau berusaha untuk memperbaiki kebiasaan buruknya itu perlahan-lahan.

Memang gak akan bisa langsung menjadi lebih baik, harus secara bertahap.

Namanya juga membuat kebiasaan yang baru.

Pada akhirnya perasaan sayang ke dia ke kamu gak bisa dipatok dari kesigapannya membalas chat dari kamu.

Karena masih banyak hal lain yang bisa menjadi tolak ukur tentang bagaimana keseriusannya ke kamu.

Apalagi kalau sifat dasar dari gebetanmu ini merupakan orang yang cuek.

7. Mencari penggantinya

Mungkin langkah ini memang diperlukan apabila kamu dan gebetanmu tidak bisa diajak berkompromi lagi.

Mencari penggantinya adalah solusi terbaik untuk kamu.

Karena kamu gak bisa memaksakan perasaanmu kepada seseorang.

Sehingga jika dia tidak mau menerima perasaanmu ya ada baiknya untuk mencoba mencari gebetan lainnya yang mungkin jauh lebih bisa menerima perasaanmu.

Ingat, di dunia ini gak cuma ada dia aja kok, masih banyak orang-orang lainnya yang mungkin jauh lebih asyik untuk diajak berkomunikasi.

Cuma memang untuk menemukan orang yang jauh lebih asyik itu memerlukan usaha.

Oh iya, mungkin seharusnya ini menjadi poin tersendiri, namun kayaknya aku jadikan satu di sini aja.

Jangan lupa untuk memperbaiki diri dari penampilan maupun perilaku.

Karena kan di salah satu ayat di Al-Quran juga bilang kalau jodoh kita itu merupakan cerminan dari diri kita sendiri.

Sehingga dengan memperbaiki penampilan dan perilaku akan dapat memancing datangnya pasangan yang jauh lebih baik juga.

Yang jelas kamu harus semangat untuk menjemput pasanganmu itu.

Kesimpulan

Memang rasanya tidak nyaman sekali harus merasakan chat yang diabaikan oleh orang yang kita sukai.

Namun begitulah dinamika percintaan.

Yang jelas kamu harus membuat dirimu sendiri menjadi jauh lebih baik lagi.

Jangan lupa untuk terus bergaul sehingga jika kamu ingin mencari lawan jenis lainnya untuk menggantikan posisi gebetan di hatimu bisa menjadi lebih mudah.

Karena jika pergaulanmu sempit maka kamu gak akan bisa mengetahui bahwa ada orang lain yang mungkin jauh lebih baik, lebih keren, lebih menarik.

Semangat ya…

Gak kerasa ternyata artikel ini jadinya cukup panjang.

Jika kamu merupakan orang yang sudah membaca dari awal sampai dengan kesimpulan, aku ingin mengucapkan terima kasih banyak, karena kamu sudah mau membaca tulisan yang sangat panjang ini.

Jika kamu memiliki uneg-uneg yang mungkin ingin disampaikan, kamu bisa sampaikan itu di kolom komentar yang terdapat di bawah artikel ini.

Sekali lagi terima kasih sudah mau membaca artikel ini sampai habis.

Tinggalkan komentar