Akhirnya Diterima Google Adsense

diterima-google-adsensePada kali ini aku akan membagikan sebuah pengalamanku sendiri diterima Google Adsense.

Lebih tepatnya tentang bagaimana website ini bisa diterima pengajuan Google Adsense-nya.

Awal mula

Aku sendiri sebenarnya sudah memiliki akun Google Adsense dari lama sekali, lebih tepatnya adalah tahun 2013 aku mendapatkan akun ini.

Namun aku sendiri belum pernah merasakan gajian dari Adsense ini.

Aku pertama kali memiliki akun Adsense itu awalnya dari dunia blogspot, sehingga dulunya akun Adsenseku ini non-hosted.

Cuma kebijakan Google sendiri dulu lebih mudah dalam hal pengajuan Adsense…

Karena aku dulu mendapatkan akun ini setelah mendaftarkan diri melalui Youtube, yang kemudian iklannya aku pasang di blogku.

Setelah agak lama, kebijakan Youtube berubah, akun Adsense untuk blog dan Youtube harus terpisah, kalau mau dua-duanya harus upgrade dulu kea kun “non-hosted”.

Aku lupa kebijakan yang seperti itu mulai tahun berapa, aku gak begitu memperhatikan.

Aku sendiri mulai mengupgrade akun Adsenseku setelah ada promo dari Exabytes di sekitar tahun 2017 kalau gak salah, yang di mana bisa bikin domain .com secara gratis.

Tentu aku yang masih menjadi mahasiswa ini tertarik sekali dong dengan penawaran yang seperti itu, akhirnya aku ambil domain pertamaku.

Kemudian aku sendiri mengajukan buat upgrade akun Adsense menjadi non hosted setelahnya.

Aku lupa harus menunggu berapa lama, yang jelas ada kalo 2 bulanan nungguin dengan harap-harap cemas, nanti bisa diterima apa nggak pengajuan upgrade-ku.

Akhirnya diterima sih pengajuan upgrade-ku, aku bisa menampilkan iklan di website, blog, dan Youtube.

Konfirmasi PIN Adsense

Kebetulan juga aku juga sudah mendapatkan pin Adsense di bulan Desember 2017.

Syarat untuk pengajuan PIN Adsense sendiri harus sudah memiliki total 10 USD di akun, kalau di akun yang menggunakan rupiah aku sendiri juga gak tahu itu berapa, soalnya aku sendiri gak punya aku IDR, punyanya cuma USD.

Menunggu PIN sendiri juga sebenarnya aku nunggu ada kalau 2 bulan, sehingga menunggunya gak bisa sabar juga.

Pada saat artikel ini ditulis, di bulan September 2020, aku sudah memiliki saldo Adsense sekitar 20 USD, sehingga aku sendiri kurang 80 USD lagi untuk bisa merasakan gajian pertama dari Adsense.

Jadi akun Google Adsense yang ada di blog ini juga aku gunakan di blogku yang sebelumnya, jadi bukan menggunakan akun yang masih fresh.

Hanya menggunakan akun yang sudah ada saja.

Tentang artikel ini sendiri

Aku sendiri memang belom sama sekali bisa menembus batas penarikan Google Adsnese, cuma aku sendiri ingin sharing aja tentang bagaimana perjuanganku untuk mendapatkan persetujuan untuk bisa menampilkan iklan di dalam engine wordpress aja.

Aku memulai website ini pada saat akhir Maret 2020.

Waktu itu aku mulai untuk merilis artikel pertamaku.

Namun aku sendiri masih belum ada pikiran untuk memasang iklan Adsense di blog ini, karena emang umur domainnya sendiri yang masih sangat muda.

Setelah 3 bulan berjalan, Juni 2020, aku mulai mencoba untuk mengajukan iklan Adsense.

Pada saat itu artikel di blogku masih 12 artikel.

Ternyata gak lama kemudian, satu hari setelah aku submit permohonan tersebut, ada informasi dari Google Adsense yang menyatakan bahwa websiteku gak bisa menampilkan iklan Adsense, karena kondisi lagi adanya COVID-19 yang di mana menyebabkan gak ada banyak orang yang bisa mereview webisteku.

Aku berpikir mungkin artikelnya kurang, ya udah akhirnya aku menambah beberapa artikel terlebih dahulu, sehingga artikel yang ada diblogku menjadi 16, baru aku mengajukan kembali.

Aku lupa pada saat itu bulan apa aku berhasil mendapatkan 16 artikel, karena aku sendiri sempat gak bisa produktif untuk membuat artikel karena badanku seakan kena reset dengan obat-obatan yang aku minum.

Sehingga aku sendiri seperti mengulang kembali pengobatan yang sedang aku lakukan.

Itu menyebabkan aku selama 3 minggu gak bisa produktif, rasanya menjengkelkan sekali.

Ternyata gak lama juga review kedua yang aku lakukan itu dibalas oleh Google Adsense.

Hasilnya adalah COVID-19 lagi…

Corona memang menjengkelkan sekali ternyata.

Karena dulu aku submit blog lamaku yang menggunakan blogspot ke Google Adsense bisa langsung diterima gitu aja, mungkin karena usia domain sudah lama juga kali ya.

Aku gak menyerah sampai di situ, akhirnya aku sendiri terus menambahkan artikel hingga jumlahnya sendiri menyentuh 25 artikel.

Kebetulan 14 September 2020 aku berhasil merilis 25 artikel di dalam blog wordpressku.

Akhirnya aku sendiri melakukan pengajuan sekali lagi.

Tepatnya tanggal 16 September 2020, akhirnya aku mendapatkan balasan ketika pagi hari, di mana aku sendiri baru saja terbangun dari tidurku.

Isi pesannya adalah aku diterima untuk bisa menampilkan iklan di blogku sendiri.

Sungguh senang sekali rasanya akhirnya aku sendiri bisa mendapatkan persetujuan untuk bisa menampilkan iklan di blog yang sudah aku rawat selama kurang lebih 6 bulan ini.

Aku langsung mencoba untuk melihat ke blogku sendiri apakah iklannya sudah tayang atau belum.

Begitu aku lihat, ternyata sudah ada iklan melayang di blogku, berarti tandanya aku sendiri memang sudah resmi untuk bisa menampilkan iklan Google Adsense.

Memang pengunjung blog ini sendiri masih sedikit, aku juga sedang mencari cara untuk bisa menaikkan jumlah pengunjung yang masuk ke dalam blogku dengan mengupdate artikelnya setiap minggu.

Namun mungkin itu aja gak cukup, mungkin memang benar seperti kata orang-orang, aku harus update artikelnya setiap hari supaya aku sendiri bisa mendapatkan pengunjung yang jauh lebih banyak dibandingkan yang sekarang.

Aku sendiri juga sebenarnya gak begitu mampu untuk bisa mendapatkan ide untuk pembuatan konten setiap hari.

Orang satu buah konten aja aku sendiri kadang perlu waktu 2 hari untuk bisa membuat artikelnya, itu cuma membuat artikelnya aja, belum untuk melakukan riset kata kunci, untuk mencari tahu apa saja yang nantinya bisa aku tulis di dalam artikelku.

Waktu artikel ini ditulis, masih ada sih orang yang datang ke blog ini, entah mereka tahu blog ini dari mana, yang jelas ada aja jumlah pageview yang muncul…

Mungkin itu pageview yang muncul itu dari Google Bot, juga kurang tahu.

Cuma kok setelah dipasang Adsense ini kok ya juga ada aja iklan yang tampil, ini yang juga membuatku semakin bingung.

Tapi ya sudah lah disyukuri aja, daripada sama sekali gak ada orang yang datang untuk mengunjungi blogku, kalau gak ada yang mengunjungi blogku aku bakal jauh lebih bingung lagi harus gimana.

Namun aku sendiri kayaknya harus mencari kata kunci yang tingkat persaingannya sangat rendah untuk bisa mendapatkan posisi 1 Google dulu di beberapa kata kunci.

Karena aku sendiri melihat “guruku” dalam hal blogging ini setelah 8 bulan belajar blogging, beliau bisa mendapatkan 120 ribu pageview bulanan.

Beliau menyasar keyword dengan persaingan yang rendah sekali, entah bagaimana caranya bisa mendapatkan banyak sekali keyword dengan persaingan rendah itu.

Mungkin ini tandanya aku harus lebih banyak belajar lagi, coba juga untuk sharing dengan guruku itu tentang bagaimana cara mencari keyword yang persaingannya rendah sekali itu.

Pejuanganku dalam dunia blogging ini masih panjang, aku sendiri juga masih penasaran tentang bagaimana caranya aku bisa mendapatkan gajian dari Google Adsense ini.

Aku harus berusaha lebih keras lagi supaya aku bisa merasakan gajian dari Google Adsense.

Mungkin segitu dulu aja untuk artikel kali ini.

Aku membuat artikel yang satu ini juga gak ada tujuan lain selain sharing aja sebenarnya.

Sehingga kalaupun misalnya nanti artikel ini bisam mendapatkan pengunjung yang banyak ya syukur, kalo gak ada yang mau lihat ya gak masalah.

Namun siapa juga sih penulis yang gak mau tulisan yang dia buat banyak dilihat orang?

Terima kasih sudah mau membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar