kunci kesuksesan dalam romansa

Kunci Kesuksesan Dalam Romansa

kunci kesuksesan dalam romansa

Semua orang menginginkan kesuksesan dalam romansanya, karena dengan mencapai kesuksesan dalam romansa, maka hidup akan menjadi lebih berwarna dan menjadi lebih hidup lagi.

Namun ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam mendapatkan kunci kesuksesan dalam romansa ini.

Sebenarnya semua kuncinya itu mudah, namun nyatanya mungkin akan menjadi lebih sulit daripada yang terlihat.

Karena nantinya aku akan jelasin apa aja sih yang perlu diperhatikan di dalam mencapai kesuksesan romansa ini.

Karena di dalamnya juga terdapat penjelasan tentang perubahan dan pola pikir yang harus diubah agar kamu bisa menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Kunci kesuksesan dalam romansa

Kunci kesuksesan tersebut bisa disingkat menjadi 6K.

6K ini terdiri dari komitmen, kepercayaan, komunikasi, komporomi, keintiman, dan kesabaran.

Ya, aku akan menjelaskan lebih jauh mengenai 6K ini sebelum menjelaskan tentang perubahan dan pola pikir.

Komitmen

K yang pertaman adalah komitmen.

Komitmen dengan pasangan itu gak semata-mata harus bertahan dari awal hubungan sampai dengan maut yang memisahkan aja.

Sebenarnya lebih dari itu.

Komitmen datang dari kemauanmu sendiri untuk meluangkan waktu bersama pasangan.

Selain itu juga kamu dan pasanganmu merasa cocok untuk merencanakan dan membangun masa depan bersama.

Sebenarnya komitmen ini juga gampang-gampang susah.

Karena komitmen juga membutuhkan kesetiaan dalam menjalaninya, yang di mana kamu mau melakukan usaha untuk mengalihkan diri dari gangguan yang bersifat merusak hubungan.

Karena kamu dan pasangan sudah menyetujui untuk bersedia bekerjasama dan terlibat penuh dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang sudah dijalani.

Karena sifatnya harus mempertahankan hubungan, maka akan menjadi gak begitu gampang.

Ini juga harus didukung dengan antara kamu dan pasanganmu mau untuk berkomitmen, karena jika nggak maka hubungan akan terasa pincang dan berat sebelah.

Ya, memang komitmen perlu pembiasaan, apalagi jika kamu gak pernah berkomitmen untuk melakukan sesuatu sebelumnya.

Kepercayaan

Kunci kesuksesan dalam romansa yang berikutnya adalah kepercayaan.

Untuk yang satu ini sebenarnya gak mudah untuk kamu dapatkan, dan kamu pun juga gak boleh langsung mempercayai orang lain begitu aja.

Kepercayuaan itu harus diraih dan diusahakan.

Cara mengusahakannya adalah dengan selalu bersikap jujur dan terbuka.

Selain itu juga kamu harus berusaha untuk menepati janji yang sudah kamu buat.

Ini bisa membuat kamu bisa lebih mudah dipercaya oleh orang lain.

Ada baiknya kamu juga bersikap transparan terhadap satu sama lainnya.

Transparan di sini bukan kamu harus menggunakan pakaian yang transparan, melainkan sifatmu menjadi terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kalau kamu melakukan kesalahan, ada baiknya kalau kamu akui kesalahanmu dan langsung perbaiki.

Berikan juga waktu dan ruang kepada pasangan untuk melakukan apa yang ingin dia lakukan.

Tentu saja ini gak akan berhasil apabila dilakukan oleh salah satu pihak aja, harus keduanya yang melakukannya.

Memiliki pasangan yang sulit memberi kamu kepercayaan atau kamunya yang gak bisa mempercayai pasangan bisa mengakibatkan hubungan cepat rusak.

Ini mungkin gak akan gampang, apalagi jika salah satu pihak sudah pernah merasa kepercayaannya sudah disalahgunakan sebelumnya, ini akan membuat semuanya akan menjadi lebih sulit.

Untuk mendapatkan kembali kepercayaan yang sudah disakiti sebelumnya itu merupakan sesuatu yang gak gampang, maka dari itu, ada baiknya untuk gak menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah dia berikan untukmu.

Komunikasi

Kunci kesuksesan dalam romansa berikutnya adalah komunikasi.

Kamu jangan pernah menganggap remeh komunikasi, karena komunikasi itu sangatlah penting dalam sebuah hubungan.

Kabar buruknya komunikasi ini harus diasah setiap waktu agar kamu bisa berkomunikasi dengan baik dengan pasanganmu.

Ada baiknya kalau kamu belajar untuk mendengar setiap apa yang dibicarakan oleh pasanganmu, karena komunikasi itu gak terbatas hanya pada kemampuan berbicara aja.

Kemampuan mendengar juga harus diperhitungkan juga.

Kembangkan empatimu dengan gak bersikap egois dan berusaha untuk memperhatikan kebutuhan pasanganmu.

Contohnya adalah kebutuhan untuk didengar.

Karena semua orang suka sekali untuk didengarkan, dan nyatanya gak banyak orang yang bisa menjadi pendengar yang baik.

Kamu juga ada baiknya untuk gak takut untuk memperlihatkan ketakutanmu kepada pasanganmu, karena pada dasarnya tidak apa-apa untuk merasa gak baik-baik aja.

Jangan ragu juga untuk menceritakan impian dan harapanmu akan hubungan yang sedang kalian jalani.

Karena gagalnya komunikasi dalam hubungan itu dapat disebabkan oleh keengganan dan ketidakmampuan pasangan dalam mengutarakan kebutuhan mereka.

Kompromi

Hal yang perlu diingat adalah kompromi itu gak selalu mengalah.

Karena kompromi itu mencari jalan tengah di antara dua hal yang berbeda meskipun harus memberatkan salah satu pihak.

Kompromi juga berarti berusaha memahami dirimu sendiri dan pasangan utnuk mencari jalan tengah dan kesepakatan yang sama-sama memuaskan.

Saat terjadi konflik, ada baiknya agar kamu mencari jalan keluarnya, bukan saling saling menyalahkan.

Karena yang sering terjadi adalah saling menyalahkan dibanding mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Kamu gak boleh egois kalau sedang mencari jalan keluar dan harus saling melengkapi kelebihan dan kekuranganmu dengan pasangan.

Karena tanpa kompromi hubungan bisa hancur karena keegoisan satu sama lain.

Egois salah satu pihak aja sebenarnya bisa menghancurkan sebuah hubungan, apalagi jika keduanya egois, kunci kesuksesan dalam hubungan bisa saja hilang begitu saja jika ada pihak yang egois.

Keintiman

Keintiman gak melulu tentang seks, namun keintiman merupakan bagian dari keintiman.

Karena menurut KBBI, keintiman itu sebenarnya adalah akrab.

Jadi kamu harus membangun keakraban dengan pasanganmu.

Bisa tertawa bersama merupakan salah satu bentuk keintiman.

Selalu hargai usaha pasangan, apapun yang dilakukannya agar kalian bisa menjadi lebih intim lagi.

Mungkin yah al ini juga perlu dibantu dengan kamu gak ragu untuk menunjukkan kemesraanmu di depan umum, namun yang perlu kamu ingat ya jangan berlebihan.

Bisa dengan merangkul pasangan ketika jalan bersama, atau bisa juga dengan sekedar memegang tangan pasanganmu.

Sesekali tengoklah semua kenangan manis kalian di masa lalu…

Selalu temukan keseksian yang ada dalam diri pasangan.

Tanpa gairah dan keintiman, hubungan akan terasa hampa dan memperbesar kemungkinan kamu atau pasangan untuk selingkuh.

Tentu kamu gak mau hal ini terjadi kan?

Kesabaran

Oke, kita masuk ke dalam K yang terakhir dalam kunci kesuksesan dalam romansa.

Kesabaran ini berarti memberikan pasanganmu ruang untuk merasakan kebebasan berpikir dan juga merasa.

Karena kamu gak bisa dan sebenarnya gak boleh memaksakan kehendakmu kepadanya, namun memberinya waktu untuk mempertimbangkan mengenai kehendak tersebut.

Selain itu juga kamu juga sebisa mungkin buat gak cepat marah atas kesalahan-kesalahan kecil yang sudah dilakukannya.

Jika kamu memaksa pasanganmu untuk melakukan apa yang dia gak suka, sudah bisa dipastikan bahwa dia juga akan merasa tertekan.

Ini bisa membuatnya merasa bahwa kamu sudah membuatnya merasa gak nyaman.

Ketidaksabaran hanya akan membuat suasana menjadi canggung dan penuh desakan.

Karena hubungan itu harusnya dilakukan dengan bahagia, bukan dengan penuh desakan dan tekanan.

Penjelasan tentang perubahan

Sebenarnya kesuksesan itu berawal dari perubahan.

Perubahan yang harus dilakukan gak perlu perubahan yang sangat besar, melainkan cukup dengan perubahan-perubahan kecil aja.

Perubahan yang dimaksud adalah perubahan pola piker, persepsi pria-wanita, dan cara menghasdapi diri sendiri secara berkelanjutan (continue)

Kebiasaanmu menentukan masa depanmu

Kamu pasti mempunyai kecenderungan untuk mengulangi gaya yang sama, momen yang sama dan dengan ucapan yang sama.

Seperti misalnya terbiasa mengiyakan permintaannya meskipun kamu sedang sibuk…

Atau terbiasa mentraktir gebetan sepenuhnya…

Gak ada satupun dari kebiasaan yang aku sebutin tadi salah.

Namun ada baiknya kamu tanyakan kepada diri sendiri, apakah dengan kebiasaan yang seperti itu efektif untuk membawa kamu kepada hasil yang kamu inginkan?

Kemungkinan besar jawabannya nggak.

Jika melakukan kebiasaan yang gak efektif itu, maka kamu akan mendapatkan hasil yang gak seperti kamu inginkan juga.

Ini sama halnya dengan menonton siaran ulang sepakbola selama beberapa kali, mungkinkah hasil skornya akan berbeda? Tentu nggak kan, hasilnya akan selalu sama.

Informasi adalah pencerahan, bukan perubahan

Sebuah informasi akan berguna apabila kamu melakukan aksi yang sesuai.

Semua pengetahuan yang didapatkan perlu diubah supaya bisa menjadi sebuah pengalaman.

Lakukan hal tersebut dengan memodifikasi pola piker dan perilaku kamu di sana sini.

Perubahan sekecil apapun apabila dialukan secara berkelanjutan (continue), pasti akan memberikan hasil yang nyata

Jika kamu terlalu banyak membaca ilmu makan kamu akan menjadi bantet alias menjadi cerdas otak, atau mungkin bisa diistilahkan bahaw kamu akan menjadi knowledge junkie.

Jika terlalu banyak yang diubah, maka kamu akan menjadi kewalahan atau ketakutan.

Kenyamanan adalah musuh dari kesuksesan

Ini merupakan alasan orang-orang malas untuk berubah, padahal kunci kesuksesan dalam romansa salah satunya adalah mau melakukan perubahan.

Karena berubah itu memang rasanya gak nyaman…

Bisa gak nyaman karena kamu sendirian…

Bisa gak nyaman karena lingkungan kamu mengatakan sebaliknya…

Bisa gak nyaman karena kamu kewalahan atau kelelahan…

Kesuksesan sendiri memang terasa benar-benar nyaman, namun jalan untuk menuju puncak itu sama sekali gak nyaman.

Mesti berani menantang diri sendiri untuk melakukan perubahan yang terus menerus.

Pekerjaannya hanya memperbaiki, mengevaluasi, memperbaiki, mengevaluasi, gak pernah beku kaku, selalu cair fleksibel.

Yang jelas kamu harus berlatih agar nyaman dengan ketidaknyamanan.

Kalau dalam proses kamu berubah ini seperti dihantui emosi negatif seperti “aduh gak tahan lagi, capek melakukan perubahan itu semua” segera ganti dengan ucapkan “benar sih capek, dan prosesnya yang melelahkan ini nantinya dapat membuatku menjadi orang yang jauh lebih baik dan jauh lebih berharga daripada sebelumnya”.

Jika mengingat Thomas Alva Edison dalam menciptakan bola lamu saja dia berani melakukan 2000 kali perubahan kecil untuk menemukan bola lampu, apa kamu bersedia untuk melakukan 2000 perbuahan kecil demi menghadirkan kekasih dan cinta idaman kamu?

Pola pikir (mindset)

Oke sekarang kita masuk dalam bab terakhir dalam kunci kesuksesan dalam romansa.
Pola pikir ini merupakan cara kamu dalam memandang sesuatu…

Apa yang kamu pikirkan akan mempengaruhi tindakanmu, tindakan yang dilakukan juga akan mempengaruhi hasil yang kamu dapatkan.

Pikiran cowok yang biasanya grogi ketika bertemu dengan cewek adalah cewek merupakan dewi yang harus dipuja…

Akhirnya ini membuat si cowok dianggep membosankan sama si cewek, karena gak bisa bercanda dengan si cewek.

Yang bikin si cowok gugup ini biasanya adalah dia menganggap bahwa derajat si cewek jauh lebih tinggi dibandingkan derajatnya.

Tentu saja itu gak bagus.

Ini tentu sangatlah berbeda dengan pikiran para fuckboy yang di mana cewek itu derajatnya lebih rendah sehingga dia gak pernah ada yang namanya grogi.

Memang aku gak nyuruh kamu untuk menjadi fuckboy, namun ada baiknya kamu meniru gak groginya.

Mungkin jangan lah lah menganggap cewek derajatnya lebih rendah, anggap aja derajatnya sama, cuma kamu harus belajar buat gak grogi.

Sebenarnya susah move on sendiri juga termasuk dalam mindset yang salah sehingga harus diperbaiki.

Karena biasanya susah move on itu susah sekali untuk bisa merelakan pasangan yang pergi.

Memang gak mudah agar bisa move on, sepertinya topik ini akan menjadi artikel tersendiri.

Self-limiting believe

Ini merupakan sebuah mindset aneh yang terjadi di dalam pikiran orang-orang.

Contoh dari self-limiting believe ini adalah sebagai berikut

Cowok memiliki pikiran bahwa cewek suka sama orang yang kaya…

Akhirnya kalau lagi pendekatan alias PDKT suka pamer, traktir dan lain-lain.

Padahal semua itu juga gak menjamin dia bakal diterima.

Kalau contoh yang ada pada cewek ini biasanya adalah cowok itu suka sama fisik si cewek aja…

Ya gak selalu cowok itu memandang dari fisik si cewek…

Fokus yang seharusnya adalah, baik cowok maupun cewek, adalah kamu harusnya bikin dia ketawa, harus bisa enak untuk diajak ngobrol.

Dengan kamu bisa bikin dia ketawa dan enak diajak ngobrol, ini sudah membuat kamu menjadi lebih menarik di mata lawan jenis.

Victim mentality

Ini akan menjadi penjelasan terakhir di dalam kunci kesuksesan dalam romansa.

Victim mentality ini biasanya terjadi pada cewek, tapi ya gak jarang juga cowok juga mengalaminya.

Kembali lagi ke contoh cowok cuma suka sama fisik si cewek aja, coba deh dibalik mikirnya, jadi si cowok sebenarnya pengen sama kamu, terlepas dari apapun itu, si cewek punya kontrol atas si cowok.

Dengan begini ketika ad orang yang butuh sesuatu dari kamu maka kamu yang punya kontrol jadi dia bisa kamu suruh-suruh.

Pemikiran bahwa semua cowok cuma bisa nyakitin juga merupakan mindset yang salah.

Karena pasti si cewek itu belum pernah bertemu dengan banyak cowok…

Nyatanya adalah cewek itu harus banyak kenalan sama cowok dulu baru dia bisa menyimpulkan apakah semua cowok itu sama aja apa nggak.

Atau mungkin cewek juga ada pemikiran bahwa cewek itu gak boleh ngajak jalan duluan, gak boleh nembak duluan.

Sebenarnya itu merupakan pola pikir yang salah, karena sebenarnya jika si cewek mau diajak jalan ya tinggal jalan aja sama cowoknya…

Kalau misal masalah nembak, ya cewek pun sebernanya gak apa kok nembak duluan, gak ada yang salah di sini.

Mindset yang benar dan harus dibangun adalah seperti ini

“Cewek itu merupakan makhluk yang butuh kasih sayang dari seorang pria”

Karena dengan pola pikir yang seperti ini akan membuat kamu akan berusaha menjadi orang yang jauh lebih baik lagi.

Mindset bahwa cowok yang harus ngejar cewek itu merupakan pola pikir yang salah.

Karena harus sama-sama klop, cowoknya maju, ceweknya juga harus maju, gak bisa salah satunya saja.

Kalau ngejar-ngejar itu potensinya gak bagus, karena nantinya bakal dipermainkan oleh pihak yang merasa dikejar.

Ya, emang gak sedikit sih cewek yang mempermainkan cowoknya karena cowoknya yang ngejar dia…

Gak ada salahnya kok kalau cewek yang inisiatif ngajak kenalan duluan dan juga inisiatif ajak jalan duluan.

Ya mungkin segitu dulu aja artikel kali ini

Banyak sekali yang harus dijelaskan tentang bagaimana kunci kesuksesan dalam romansa.

Semoga aku dan kamu yang baca artikel ini bisa menjadi orang yang sukses dalam romansa.

Ada baiknya kamu juga membaca tentang bagaimana PDKT orang cuek dan pendiam, karena gak sedikit orang yang penasaran dengan orang yang cuek dan pendiam sehingga mau PDKT bahkan memacari orang yang cuek dan pendiam.

Terima kasih sudah mau membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar